Menjawab Tantangan di Era 4.0., dengan Aplikasi Penelitian Berbasis STEM.

Tanggal : 11 Apr 2019

Ditulis oleh : FAUZAN ABRORI

Disukai oleh : 8 Orang

Yogjakarta - Dalam meningkatkan kualitas dan mutu mahasiswa untuk menjawab tantangan baru di era 4.0, prodi pendidikan kimia UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menyelenggarakan kuliah umum dengan tema Aplikasi Penelitian Berbasis STEM (Science , Technology, Enginering, dan Mathematics) dalam menghadapi era 4.0. pada hari selasa, 02 April 2019 di Teatrikal FST UIN sunan kalijaga, dengan jumlah peserta yang hadir sekitar 180 mahasiswa pendidikan kimia antar angkatan.
Kegiatan ini mengundang dua pembicara utama yaitu Dr. Pujianto,S.Pd.M.Pd. dosen pendidikan fisika UNY dan Dr. Antuni Wiyarsi, S.Pd.Si,M.Sc. Dosen pendidikan Kimia UNY. Kegiatan ini dimodiratori oleh Muhammad Zamhari, S.Pd.Si. dosen pendidikan kimia UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Pembicara pertama Dr. Pujianto,S.Pd.M.Pd. memaparkan implementasi STEM dalam penelitian kependidikan, dan mirisnya pendidikan STEM yang tidak memadai dan tidak menyeluruh untuk seluruh siswa Indonesia. Sebagai mana paparan beliau. " Di Indonesia mempelajari STEM tidak keseluruhan , STEM hanya focus di sekolah kejuruan, untuk science dan Matematika hanyalah sebagian".
Kemudian dilanjut pembicara kedua Dr. Antuni Wiyarsi, S.Pd.Si,M.Sc., beliau memaparkan berapa hal penting mengenai STEM., terhusus Pembuatan Instrumen penelitian berbasis STEM., serta paradigma Pendidikan Kimia 4.0 dari CTE (Chemistry through Education) menuju ETC (Education through Chemistry) menyebabkan tuntutan untuk menintegrasikan STEM dalam instrument penelitian.
Sesi acara selanjutnya diwarnai dialog interaktif antar dua penyaji saat ini, dengan beragam pertanyaan seputar tema pada kesempatan ini. Serangkaian cara sudah berlalu, acara ini di tutup dengan penyerahan plakat penghargaan dari ketua prodi Pendidikan Kimia kepada narasumber dan moderator Serta dengan sesi pemberian doorprize untuk mahasiswa yang hadir pada saat itu.




POST TERKAIT

POST TEBARU