Learning Management System Media Pembelajaran Daring Masa Kini

Tanggal : 06 Sep 2021

Ditulis oleh : NURUL UMAH

Disukai oleh : 0 Orang

      Pandemi tak kunjung usai melanda bumi pertiwi. Seluruh kegiatan berjalan tidak semestinya mulai dari perekonomian hingga pendidikan. Hal ini tentunya berdampak besar terhadap pendidikan di Indonesia. Para pelajar dipaksa belajar dari rumah dan menatap layar setiap hari (online). Mereka sudah rindu masuk sekolah dan bertatap muka secara langsung dengan guru juga teman-temannya. Oleh sebab itu, banyak pelajar yang tidak memiliki semangat belajar karena sudah lelah dan bosan dengan sistem online saat ini. sebagian besar dari mereka tidak bersungguh-sungguh dan malas menyimak ketika pembelajaran online. Hanya sekedar masuk kuping kanan ke luar kuping kiri. Pasalnya suasana belajar online ini memang sangat membosankan. Jika terus-menerus dibiarkan entah apa yang akan terjadi dengan pendidikan Indonesia ke depannya. 
      Namun, perkembangan teknologi yang begitu pesat di era globalisasi ini dapat menjawab permasalahan tersebut. Pada sistem pembelajaran online konvensional biasanya guru hanya menggunakan WhatsApp (WA) dan rekaman suara untuk menyampaikan materi. Seiring perkembangan teknologi mulai muncul berbagai inovasi dan trobosan baru di bidang pendidikan. Salah satunya adalah kelas maya, yang memungkinkan pelajar dan pengajar berada dalam satu ruangan online meski terhalang jarak yang sangat jauh. 
      Learning Management System (LMS) merupakan salah satu kelas maya yang lahir dari perkembangan zaman saat ini. Secara sederhana Learning Management System merupakan perangkat lunak yang dirancang untuk menyampaikan materi pembelajaran yang berbasis aplikasi dan platform web. Keberadaanya kini semakin dikenal luas di masyarakat karena pendidikan saat ini harus dilakukan dengan jarak jauh. Jadi mau tidak mau pengajar dan pelajar harus melek teknologi. Learning Management System ini berfungsi untuk mengolah bahan pembelajaran, membuat silabus, mengelola nilai, dan sebagainya. Adanya LMS ini sangat membantu pekerjaan pendidik juga memudahkan peserta didik. 
     Kemudahan akses yang ditawarkan oleh Learning Management System  ini memudahkan peserta didik untuk mengakses konten-konten pembelajaran kapan saja. Waktu pembelajaran pun menjadi efisien dan salah alternatif pembelajaran jarak jauh di tengah pandemi seperti ini. Teknologi informasi berupa gambar, suara, animasi, video, dan teks yang digunakan dalam metode pembelajaran LMS sehingga peserta didik tidak merasa bosan. Interaksi antara pendidik dan peserta didik pun dapat terjalin dengan baik. Selain itu, biaya yang diperlukan dalam pembelajaran LMS jauh lebih murah jika dibandingkan dengan pembelajaran langsung atau tatap muka. 
      Learning Management System yang sering digunakan biasanya Edlink, Google Classroom, Moodle, Schoology, Dokeos, Atutor, Docebo, Claroline, dan sebagainya. Dalam LMS menyajikan fitur antarmuka yang dibuat mudah dipahami sehingga para pengguna tidak akan kebingunggan. Adanya fitur antarmuka ini menambah estetika tampilan web dan menarik minat calon pengguna baru. Melalui LMS mahasiswa juga dapat mendaftarkan dirinya secara online sehingga  tidak perlu datang ke kampus dan langsung dapat melihat silabus yang telah disediakan. 
    Fungsi utama Learning Management System adalah untuk membantu berjalannya pembelajaran jarak jauh maka atau online. Maka Learning Management System ini menyediakan fitur kelas daring yang berisi rekaman suara, video animasi pembelajaran, dan dokumen pembelajaran untuk dipelajari oleh siswa. Forum diskusi juga tersedia sebagai perantara pelajar dan pendidik untuk saling berdiskusi tentang materi pembelajaran. Untuk melalukan pembelajaran tatap muka Learning Management System juga menyediakan fitur video conference. Fitur ini memungkinkan pelajar dan pendidik untuk bertatap muka secara virtual. Selain itu, terdapat pula fitur kuis, ujian online, dan laporan di dalamnya. 
     Fitur yang tersedia di dalam Learning Management System sangat lengkap dan tentunya mempermudah pembelajaran online di tengah pandemi seperti ini. Dengan demikian, pelajar dapat belajar dari rumah tanpa merasa bosan. Karena tidak melulu disuguhkan dengan dokumen materi pembelajaran yang berjumlah puluhan halaman. Siswa dapat melihat video animasi melalui Learning Management System yang tentunya akan meningkatkan semangat belajar dan menghilangkan rasa bosan. Maka, kegiatan belajar mengajar akan terlaksana dengan baik dan terasa lebih menarik walaupun dengan sistem online.
       Adanya Learning Management System tidak hanya menguntungkan untuk siswa saja tetapi juga meringankan kerja guru. Pasalnya, Learning Management System ini dapat membantu guru atau pendidik untuk membuat silabus, membuat konten pembelajaran, mengelola bahan pembelajaran, merekap absensi, serta mengelola nilai. Jadi, tugas para guru menjadi lebih ringan dengan adanya sistem ini. Guru hanya perlu mengatur tampilan kelas maya dari rumah dan merancang pembelajaran tidak perlu repot-repot datang ke sekolah.  Dengan demikian, pelajar tetap bisa mengikuti  pembelajaran dengan semangat dan ceria walaupun dari rumah masing-masing. Materi juga tersampaikan dengan baik meski hanya lewat media online.
      Pemanfaatan Learning Management System sebagai media belajar mengajar ini juga harus diikuti dengan kemampuan guru dalam menggunakan teknologi. Karena sebagian guru di Indonesia terutama di daerah pedesaan masih gagap teknologi. Oleh karena itu, guru perlu mengikuti kemajuan zaman dan menambah wawasan tentang teknologi di bidang pendidikan. Selain itu, perlu diadakan juga sosialisasi penggunaan Learning Management System. Agar para guru dapat menggunakannya dengan baik untuk menunjang pembelajaran saat ini guna memajukan pendidikan di Indonesia.   
      Namun, Learning Management System ini belum bisa diterapkan di seluruh daerah. Pasalnya, Indonesia masih tergolong negara berkembang dan tidak bisa dipungkiri teknologi informasi yang berkembang masih belum merata dari Sabang sampai Merauke. Sehingga daerah pelosok belum bisa menerapkan pembelajaran dengan Learning Management System karena keterbatasan akses dan minimnya pengetahuan teknologi informasi di daerah tersebut. Jadi, Learning Management System untuk saat ini cocok digunakan di daerah perkotaan dan daerah yang sudah terjamah internet untuk membantu memaksimalkan pembelajaran jarak jauh (online). Sehingga jarak bukan lagi suatu alasan untuk berpendidikan. 

 

Koran : Pos Belitung 

Link : https://belitung.tribunnews.com/epaper/

 




POST TERKAIT

POST TEBARU