Pendidikan Kimia UIN Suka Gelar Stadium General Pengembangan Soal-Soal HOTS dalam Menghadapi Era Disrupsi Industri 4.0

Tanggal : 05 Oct 2019

Ditulis oleh : FAUZAN ABRORI

Disukai oleh : 7 Orang

          Pendidikan Kimia UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta kembali mengelar stadium general guna untuk menambah wawasan baru yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan zaman yang bertajuk Pengembangan Soal-Soal High Order Thinking Skill (HOTS) untuk Calon Guru Pendidikan Kimia dalam Menghadapi Era Disrupsi Industri 4.0, kamis (26/09/19) di Teatrikal Fakultas Sain dan Teknologi, stadium general ini menghadirkan narasumber ahli dosen universitas negeri yogyakarta  Rr. Lis Permana Sari, M.Si. Acara tersebut di hadiri ketua prodi, beberapa staff pengajar pendidikan kimia, dan mahasiswa pendidikan kimia angkatan 2017, 2018, dan 2019.

           Kegiatan ini dibuka oleh Karmanto, S.Si., M.Sc. selaku ketua prodi pendidikan kimia, dalam sambutannya beliau mengutip ayat al-qur’an surah al mulk : 2 bahwa allah menguji siapakah diantra kita yang baik amalnya, amal sholeh sebagian dari iman dan diantara sebagian tanda orang-orang beriman adalah orang yang hadir di majlis ilmu. Umumnya high order thinking skill dikatakan lebih baik karena telah memiliki kemampuan berpikir dalam menemukan masalah, memecahkan masalah serta dalam proses  pemecahan masalah melibatkan proses berpikir menganalisis, mengevaluasi, mencipta paran beliau dalam sambutnya.

            Dilanjutkan penyampayan materi kuliah umum dari Rr. Lis Permana Sari, M.Si, dalam hal ini dimodiratori oleh Khairunnisa, S.Pd. beliau menyampaikan  HOTS merupakan kategori dari konsep tingkatan kemampuan berpikir ketika mempelajari suatu topik berdasarkan Taksonomi Bloom. Dalam Taksonomi Bloom, kemampuan berpikir terbagi atas beberapa tingkatan yaitu: Mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta, Di sisi lain, kategori kemampuan berpikir tingkat tinggi atau higher order thinking skills (HOTS) adalah kemampuan yang tidak hanya sebatas mengingat, memahami, dan menerapkan suatu konsep; tetapi perlu melibatkan kemampuan menganalisis atau mengevaluasi informasi yang tersedia serta mungkin mencipta sesuatu dari informasi tersebut. Ibu Rr. Lis Permana Sari, M.Si turut mengigatkan ketika menerapkan soal berbasis hots maka materi yang di berikan juga berbasis hots, dan sangat penting pagi calon guru kimia penguasaan materi kimia dasar. Kemudian dilanjudkan dialog iteraktif dengan mahasiwa yang bertanya saat itu.

download materi ppt disini

              Sesudahnya dilanjutkan acara doorprize oleh  panitia dan beberapa hiburan sesudanya.




POST TERKAIT

POST TEBARU