Rumah Kearifan: Menumbuhkan Nilai Sosial Engagement Mahasiswa Maganng Pendidikan Kimia UIN Sunan Kalijaga

Tanggal : 11 Sep 2022

Ditulis oleh : NUR AZIZAH

Disukai oleh : 1 Orang

Rumah Kearifan (House of Wisdom) Yogyakarta merupakan sebuah lembaga yang mempunyai fokus pada pemberdayaan SDM dengan melalui beberapa program diantaranya, Pelatihan, Penulisan, Penelitian, dan Pendampingan. Program-program tersebut didampingi langsung oleh Dr. Muqowim M.Ag dan Ziadatul Husnah M.Pd selaku founder dan director Rumah Kearifan. Selain program-rogram diatas, Rumah Kearifan juga bekerjasama dengan lembaga atau instansi dalam dan luar negri, salah satunya prodi pendidikan kimia UIN Sunan Kalijaga. Bentuk kerjasama dengan prodi pendidikan kimia yaitu mengirimkan mahasiswanya untuk melaksanakan program magang di Rumah Kearifan.

Saya dan sembilan mahasisiwa dari pendidikan kimia, pada saat liburan semester 4 melaksanakan magang di Rumah Kearifan kurang lebih selama 40 hari. Kami memilih Rumah Kearifan karena tertarik dengan beberapa program yang ada. Selain itu, Rumah Kearifan juga memiliki tujuan untuk meningkatkan kualitas soft skill melalui beberapa kegiatan diantaranya, Pelatihan Living Values Education (LVE) dan Petualang Muda “Bakti Rumah Kearifan untuk Negeri”.

Kegiatan pelatihan LVE dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 28-30 Juli 2022. Pelatihan ini diikuti oleh sebelas peserta dengan mayoritas mahasiswa prodi pendidikan kimia. Selain dari prodi pendidikan kimia, peserta ada yang berasal dari prodi ushuludin UIN SUKA dan juga ada seorang komite MI Al Mahad An Nur. Keheterogenan peserta dan indahnya pelatihan LVE membuat saya tersadarkan bahwa penting sekali untuk menghidupkan nilai kehidupan.

Dengan menghidupkan positif values dalam kehidupan bukan berarti membentuk karakter baru namun untuk meng-upgrade diri kita menjadi lebih baik. Usaha untuk memaksimalkan kualitas hidup yang lebih baik, Bapak Muqowim dan Ibu Ziadatul selalu menekankan untuk dapat menghidupkan atmosfer dan energi yang positif dimanapun berada. Beliau juga menggarisbawahi bahwa pelatihan pendidikan menghidupkan nilai atau LVE tidak dapat hanya diwacanakan tetapi harus dilakukan.

Pengalaman dan hal yang baru, juga saya dapatkan dalam kegiatan Petualang Muda yang dilaksanakan selama 11 hari mulai tanggal 9-19 Agustus 2022 di desa Pulutan, kec. Wonosari, kab. Gunungkidul dengan tema Bakti Rumah Kearifan untuk Negeri. Kegiatan ini memiliki berbagai program yang meliputi, Pelatihan Living Values Education (LVE), Pelatihan Budidaya Kambing (Reproduksi pakan & membuat kompos), Pelatihan Pemandu Outbound Berbasis Nilai, Workshop Peningkatan Program Digitalisasi Desa, Edukasi Ramah Lingkungan (Mengenal Tanaman Obat; Mengelola Sampah; Membuat Biostater; Membuat Topeng dari Kertas), Pelatihan Interpersonal Soft skill untuk Mahasiswa, dan Travelling. Seluruh program ini ditunjukan kepada para guru dan siswa MI N 4 Gunungkidul, siswa SD Kanisius, pokdarwis desa pulutan dan masyarakat pada umumya.

Selama mengikuti aktivitas Petualang Muda tentu menjadi kebanggaan tersendiri buat saya dan teman-teman magang karena dapat menambah pengalaman berorganisasi, bermasyarakat, dan memberi kami kesempatan untuk menerapkan ilmu dan teori pada dunia nyata. Beberapa hal yang saya bisa ceritakan disini yaitu, ketika saya mengajar siswa MI N 4 Gunungkidul baik pelajaran umum ataupun ekstrakurikuler pramuka, mengadakan bimbel, melatih upacara untuk peringatan Hari Pramuka dan peringatan Hari Kemerdekaan. 

Seluruh rangkaian kegiatan magang di Rumah Kearifan tentu tidak membuat saya luput dari tugas akhir magang, justru karena hal tersebut menjadikan saya pribadi yang berbeda dan lebih baik dalam memngatur waktu. Last but not least, saya mengucapkan terimakasih kepada Rumah Kearifan (House of Wisdom) yang telah memberikan saya kesempatan bergabung, mengajarkan hal-hal baru, dan mempertemukan saya dengan momen menarik, orang-orang yang baik, dan menjadikan magang yang sangat berkesan. And then, harapan saya kepada Rumah Kearifan semoga semakin sukses dan selalu dipermudahkan dalam mewujudkan kegiatan-kegiatan yang direncanakan. Dan semakin banyak anak magang dari perguruan tinggi lainnya yang ingin magang disini.




POST TERKAIT

POST TEBARU