Tahukah Kamu? Mengapa Suhu di dalam Igloo Terasa Hangat?

Tanggal : 18 May 2021

Ditulis oleh : LATANSA NAELAL IZZATI

Disukai oleh : 0 Orang

Igloo merupakan rumah atau tempat tinggal berbentuk kubah dan terbuat dari balok-balok salju yang ditempati oleh suku Inuit, yaitu penduduk asli Amerika yang tinggal di daerah dingin, seperti Kanada Utara dan Alaska. Igloo bukan merupakan tempat tinggal sehari-hari suku Inuit, melainkan tempat tinggal sementara yang dibangun ketika mereka sedang berburu.

Bangunan igloo biasanya berbentuk kubah atau setengah lingkaran dengan pintu di bagian depan dan lubang di bagian atas sebagai cerobong asap. Ketika berada dalam igloo, tubuh kita akan merasakan kehangatan meskipun igloo terbuat dari balok es. Hal ini disebabkan oleh balok es yang cukup padat dapat mencegah suhu panas keluar dari igloo. Selain itu, salju yang bersifat insulator juga berfungsi sebagai bahan penyekat dari suhu dingin.

Untuk menaikan suhu dalam igloo, kita dapat menyiramkan air pada dinding igloo. Air yang disiramkan akan berubah wujud menjadi es. Ketika air berubah wujud menjadi es terjadi pengeluaran energi panas atau reaksi eksoterm, hal ini disebabkan oleh sifat air yang mengeluarkan panas ketika berubah wujud dari bentuk cair menjadi bentuk padat, sehingga menyebabkan suhu di dalam igloo menjadi lebih hangat.

Balok es yang digunakan untuk membangun igloo juga sebenarnya merupakan udara yang dibungkus oleh es, sehingga di dalam balok es terdapat banyak kantong udara. Karakteristik udara yang tidak dapat bersirkulasi dengan baik di dalam kristal es menyebabkan panas udara terperangkap di dalamnya, sehingga menghasilkan suhu yang hangat di dalam igloo.




POST TERKAIT

POST TEBARU