Pendekatan STEM di Era Revolusi Industri 4.0

Tanggal : 08 Apr 2019

Ditulis oleh : HUBAILA AZMI

Disukai oleh : 7 Orang

Program studi pendidikan kimia  Universitas Islam Negeri Yogyakarta kembali lagi menyelenggarakan Kuliah umum yang bertajuk “Aplikasi Penelitian Berbasis STEM ( Science , Technology, Enginering, dan Mathematics ) dalam menghadapi era revolusi 4.0”. Kuliah umum tersebut menghadirkan dua narasumber dan moderator. Dua narasumber tersebut adalah Dr. Pujianto,S.Pd.M.Pd. dosen pendidikan fisika UNY dan Dr. Antuni Wiyarsi, S.Pd.Si,M.Sc. Dosen pendidikan Kimia UNY. Sedangkan moderatornya sendiri adalah M.Zamhari dosen pendidikan kimia UIN sunan Kalijaga. Kegiatan yang diikuti oleh seluruh mahasiswa prodi pendidikan kimia ini , diselenggarakan pada selasa (02/04) di Teatrikal FST UIN sunan kalijaga. 
Pada kesempatan ini Dr. Pujianto menyampaikan tentang implementasi STEM dalam penelitian pendidikan. Beliau menyampaikan bahwa Banyak siswa tidak menerima pendidikan STEM yang cukup memadai , STEM hanya focus di sekolah kejuruan , Materi STEM tidak diajarkan setiap hari di berbagai sekolah . 29% guru mengajarkan sains hanya kurang 2 hari perminggu. 
“Di Indonesia mempelajari STEM tidak keseluruhan , paling science dengan Matematika tidak mencakup semuanya,”ujar Dr. Pujianto.
Sedangkan Dr. Antuni menyampaikan tentang Teknik Pembuatan Instrumen penelitian berbasis STEM. Beliau menuturkan perubahan paradigma Pendidikan Kimia 4.0 dari CTE (Chemistry through Education) menuju ETC (Education through Chemistry) menyebabkan tuntutan untuk menintegrasikan STEM dalam instrument penelitian. 
Beberapa pertanyaan dilontarkan oleh mahasiswa yang hadir. Diantaranya terkait pembuatan rubrik penilaian, cara mengaplikasikan STEM dll. Kuliah umum diakhiri dengan penyerahan plakat penghargaan dari ketua prodi Pendidikan Kimia kepada narasumber dan moderator Serta tidak lupa dengan sesi pemberian doorprize untuk mahasiswa Pkim. 

 




POST TERKAIT

POST TEBARU