Juara 3 Lomba Artikel Nasional Universitas Muhammadiyah Sumatra Barat

Tanggal : 30 Dec 2022

Ditulis oleh : ZAKKY MUBAROK

Disukai oleh : 0 Orang

Pernikahan adalah sebuah sunnatullah dan sudah menjadi hukum alam dunia. Pernikahan bertujuan untuk membentuk keluarga yang Sakinah, mawaddah dan warahmah. Namun, seiring berjalannya waktu dalam pernikahan ditemukan kendala yang mengharuskan putusnya ikatan pernikahan tersebut. Pada beberapa kasus sering muncul rasa penyesalan atas perceraian yang terjadi yang menyebabkan munculnya keinginan untuk Kembali dalam kehidupan pernikahan. Syarat izin dari istri untuk melakukan rujuk tidak termuat dalam al-Quran dan hadist. Namun, dalam fikih klasik menyatakan bahwa suami berkuasa atas rujuk pada istirnya yang telah ditalak raj’I selama masa iddah dan istri tidak berhak menolak ajakan suami. Rujuk sebagai hak preoragatif suami yang tidak memerlukan izin dan persetujuan istri menurut para ulama fikih. Akan tetapi, hak rujuk istri dalam Kompilasi Hukum Islam (KHI) istri diberi kesempatan untuk mempertimbangkan kembali ajakan dari suaminya. KHI memberikan perlindungan bagi perempuan dan menekankan persamaan hak suami dan istri. Maka, istri memiliki hak untuk menerima atau menolak ajakakan rujuk dari suami.

Lomba yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Hukum Keluarga Islam Universitas Muhammadiayah Sumatra Barat dilaksanakan pada tanggal 16 November 2022 sampai dengan waktu pengumuman, 19 Desember 2022. Tema yang di bawa pada lomba ini adalah isu-isu kontemporer hukum keluarga islam.

alhamdulilah kita, saya dan Eni Listiowati diberi kesempatan untuk mendapat penghargaan juara 3 dengan judul artikel "HAK RUJUK: KEBEBASAN ISTRI MENJAWAB RUJUK DALAM PERSPEKTIF KFIKIH DAN KOMPILASI HUKUM ISLAM".




POST TERKAIT

POST TEBARU